Minggu, 27 Juni 2010

Personality Test

Mencari pekerjaan itu sulit. ya,sama sulitnya kayak nyari pasangan yang cocok, pas, bisa saling memberi dan menerima, loyal, konsisten, bertanggung jawab. anggap saja bekerja di satu perusahaan sama dengan menjalin hubungan dengan seseorang. ada waktu-waktu tertentu kita dituntut untuk lebih saling mengenal agar bisa sama-sama memberikan yang terbaik. ya, gak dipungkiri mencari pekerjaan memang sulit bagi kita si 'pencari', tapi bagi perusahaan mempertahaankan karyawan juga merupakan pe-er yang cukup bikin repot. gimana engga, si perusahaan harus mengkoordinir kebutuhan dan keinginan beribu karyawan yang beda satu sama lain biar mereka betah dan loyal serta maksimal memberikan kemampuan mereka untuk kemajuan perusahaan. nah sebelum menacari pasangan yang cocok buat kita, ada baiknya kita mengenal diri kita dengan baik, agar mampu memilih yang terbaik bagi kita dalam segala aspek.

nah kan, sampe lupa, saya bahas issue ini karena kebetukan saya baru saja melewati masa training di sebuah perusahaan,dan saya diperlakukan cukup baik, dilayani, membuat saya,ehmm kami maksudnya, merasa dibutuhkan dan membuat kami pun merasa harus memberikan yang terbaik.

oia, sedikit berbagi, salah satu final test saya di perusahaan tersebut adalah personality test, dengan menggunakan metode DISC . personality test jenis ini sudah sering digunakan di perusahaan-perusahaan untuk proses recruitment. DISC adalah singkatan dari dominance, influence, steadiness, and conscientiousnes. dimana keempat kategori ini menjelaskan kelebihan dan kekurangan kita. perusahaan menggunakan test ini untuk melihat lebih jauh personality kita jika dikaitkan dengan bidang pekerjaan. nah, buat temen-temen yang iseng-iseng juga bisa coba ikutan test ini gratis di DISCinsight gunanya banyak, selain untuk memilih bidang pekerjaan yang cocok dengan karakteristik kita juga bisa untuk memilih kajian ilmu / edukasi yang cocok untuk kita, bahkan pasangan yang cocok untuk kita.

DISC test yang saya lakukan kemarin hampir sama dengan yang ada di DISCinsight. (kalau kurang puas dengan hasil dr DISCinsight silahkan cari site lain yang memberikan DISC test secara online dan gratis, karena jika ingin lebih akurat kita harus melakukan test itu secara langsung, bukan online test) hanya format pengerjaannya yang sedikit berbeda, soal yang saya terima berupa kolom yang didalamnya terdiri dari empat pilihan karakteristik/sifat/sikap, masing-masing sikap/sifat diberi simbol. nah, di masing-masing kolom kita harus memilih sifat atau sikap yang kita banget (baca: MOST) dan yang paling gak kita banget (baca: LEAST) lalu masing-masing simbol dijumlahkan, dan poin dari jumlah masing simbol dimasukkan ke dalam grafik, hasilnya bisa dilihat dari grafik yang menunujukan tipe kepribadian kita. dengan mengenal lebih dalam keempat model ini barangkali akan membantu kita lebih efektif ketika membangun relasi dengan orang lain.

sedikit ulasan dari masing-masing dimensi/kategori :
Dominance Style
Orang-orang yang masuk dalam model ini adalah mereka yang
suka mengendalikan lingkungan mereka, serta senang menggerakkan orang-orang di sekitar mereka. Mereka adalah jenis pribadi yang suka to-the-point, tidak bertele-tele. Mereka juga senang mengambil peran penting, pembuat keputusan, problem solver, dan melaksanakan berbagai hal. Mereka cenderung menyukai posisi sebagai leader. Meskipun demikian, ketika menjadi leader, mereka cenderung akan menjadi pemimpin yang otoriter, demanding, dan kurang memiliki kesabaran serta empati pada bawahan.
Influence Style
Orang-orang dengan model ini adalah mereka yang suka bergaul dengan orang lain, ekstrovert, dan senang berada pada lingkaran pertemanan yang luas. Mereka benar-benar menikmati berada bersama teman-temannya. Mereka tidak suka menyelesaikan sesuatu atau bekerja sendirian (single fighter). Sebaliknya, mereka lebih suka berhubungan dan bekerja dengan orang-orang daripada sendirian.
Steadiness Style
Orang-orang dalam model ini cenderung introvert, reserve, dan quiet. Mereka adalah orang-orang yang lebih suka melakukan sesuatu secara sistematis, teratur dan bertahap. Mereka juga cendrung menyukai sesuatu yang berjalan dengan konsisten, dapat diprediksi dan lingkungan kerja yang stabil dan harmonis. Orang-orang dalam model ini juga tergolong pribadi yang sabar, dapat diandalkan dan cenderung memiliki loyalitas yang tinggi.
Conscientiousness Style
Orang-orang dalam kategori ini termasuk pribadi yang menekankan akurasi dan ketelitian. Mereka cenderung menyukai sesuatu yang direncanakan dengan matang dan bersifat menyeluruh. Mereka juga cenderung suka dengan pekerjaan yang mengacu pada prosedur dan standar operasi yang baku. Orang-orang dalam kategori ini adalah pemikir yang kritis dan suka melakukan analisa untuk memastikan akurasi.

nah, untuk lebih jelasnya silahkan googling lebih jauh, karena banyak artikel yang membahas lebih dalam masing-masing kategori atau dimensi karakteristik dari segala aspek. bahkan trainer saya sebelum menikah melakukan DISC test bersamaan dengan calon istri agar lebih mengenal karakteristik masing-masing untuk meminimalisir konflik dan menyesuaikan segala perbedaan yang ada diantar mereka. silahkan dicoba yaa, semoga bermanfaat, bagi saya pribadi hasil dr DISC test lumayan akurat lohh, bahkan hasilnya bisa mendeteksi bagaimana saya menghadapi perubahaan.

2 komentar:

  1. silahkan dicoba det, tapi beda sih kalo tes online ga bisa diukur kadar masing2 kategorinya. tapi lumayan buat iseng2. hehe

    BalasHapus